Sabtu, 14 Desember 2019

REVOLUSI BERFIKIR DI ERA 4.0


Memasuki abad ke-20 menginjak umur bumi yang semakin tua, manusia kian hari semakin kreatif dalam menciptakan hal-hal baru. Dimana satu hal dengan yang lainya saling mengikuti. Mulai dengan perkembangan BIg Data, Financial Technology, Artifical Intellgence, Virtual Reality and Augmented Reality, cyber security, Robotik process Automation serta bidang-bidang lainya yang berkembang diatas kemajuan teknologi pada era ini. Yang timbul hal-hal positif dalam kehidupan human di era ini. Walaupun kita juga tidak dapat pungkiri bahwasanya kemajuan teknologipun melahirkan masalah-masalah baru/dampak negatif.

Internet Of Things atau saya sebut ( IOT ) adalah internet untuk segala sesuatu dalam mengakses data atau informasi untuk memperluas manfaat dari konektivitas  antara satu dengan yang lainya yang terhubung secara terus menerus. Berupa sebuah konsep  rangkaian susunan era globalisasi 4.0.
Internet Of Things berkembang begitu cepat dan terlepas dari itu digunakan sebagai suatu alat referensi belajar atau hla-hal tidak berfaedah dan sesuatu hal yang bersifat negatif. Namun pemilik database ataupun google mereka tidak peduli itu selama tidak ada hal yang menganggu kepentingan mereka. Namun tidak hanya perihal hal itu, dengan ini sebetulnya  timbul celah atau peluang dalam mengembangkan produktivitas setiap individu/masyarakat dalam hal belajar secara luas. Karena sekarang banyak ruang-ruang ilmu yang terbuka lebar. Bukan hanya bisa didapatkan di suatu sekolah, suatu Universitas, suatu institute, Sekolah Tinggi atau lewat sebuah buku seperti jaman sebelum memasuki era ini. Namun internet menjadikan siapapun, dimanapun, kapanpun dengan latar belakang apapun dapat memperoleh perihal apa yang akan ia pelajari. Tetapi disisi lain juga akan sangat berbahaya jika kemajuan teknologi tidak diimbangi dengan kemajuan berfikir yang pada akhirnya membuat seseorang selalu bergantung pada teknologi bahkan dalam suatu hal yang spele. Atau saya sebut "REVOLUSI INDUSTRI 4.0 -> REVOLUSI BERFIKIR ERA 4.0" Karena realitanya kemajuan teknologi punya kendali masing-masing dalam penggunaanya. Apakah itu pornografi, penipuan, candu yang berlebihan terhadap Game Online yang akan mengubah bagaimana cara ia berpandangan atau bersosial /berinteraksi dengan lingkunganya.

Apakah kita harus menjadi seseorang yang anti teknologi?
Tentu saja tidak, karena kemajuan teknologi  adalah suatu era yang mau tidak mau  kita akan terlibat di dalamnya. Dengan itu setiap individu harus lebih kreatif dalam memanfaatkan kemajuan teknologi berupa hal-hal positif pada era ini. Era ini menjadikan jurang yang curam bagi orang-orang yang benar-benar tidak paham dengan pemanfaatan teknologi. Namun juga menjadi suatu rute yang efektif bagi mereka orang-orang yang kompetitif  dalam menghadapi persaingan era Revolusi Industri 4.0. Maka  mindset tentang pemahaman kita di era 4.0 dalam pemanfaatan teknologi harus lebih bijak perihal suatu aktivitas apa yang akan kita geluti dalam IOT walaupun hanya sebatas mengisi waktu luang.

Era Revolusi Imajinasi 4.0
Dimana kemajuan teknolgi
Harus diimbangi dengan kemajuan berfikir.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. iyah betul, apalagi di jaman sekarang dimana teknologi sudah melekat di dalam kehidupan manusia.

      Hapus